Logo Bloomberg Technoz

Inflasi Rendah, Sri Mulyani Minta BI Setop Naikan Suku Bunga

Krizia Putri Kinanti
30 May 2023 12:47

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dalam rapat Badan Anggaran DPR RI (Dok. Tangkapan Layar Youtube)
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dalam rapat Badan Anggaran DPR RI (Dok. Tangkapan Layar Youtube)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyebut pengendalian inflasi di Indonesia terjaga dengan baik sehingga Bank Indonesia (BI) tidak perlu lagi menaikkan suku bunga acuan demi menahan laju inflasi.

Hal itu ia sampaikan saat dalam rapat kerja Badan Anggaran DPR RI dengan Menteri Keuangan RI, Menteri PPN/Kepala Bappenas RI, dan Gubernur Bank Indonesia, dengan agenda Pembahasan Pembicaraan Pendahuluan RAPBN TA 2024 dan RKP Tahun 2024.

"Indonesia termasuk negara yang bisa menjaga inflasi bahkan pada saat musim Ramadan dan Idulfitri yang biasanya secara musiman kenaikan inflasi terjadi. Indonesia justru mengalami inflasi yang turun," kata Sri Mulyani Selasa (30/5/2023).

Sri Mulyani menyebut penurunan inflasi Indonesia juga lebih baik dari negara lainnya seperti, India, Amerika Serikat (AS), Singapura, Perancis, Meksiko, hingga Inggris.

"Pak Gubernur (Perry Warjiyo) tidak perlu menaikan suku bunga yang bisa mematikan ekonomi, karena kita sudah melakukan pengendalian inflasi bersama-sama pemerintah untuk meng-handle beberapa faktor yang bisa menyebabkan inflasi seperti pangan dan administered price," kata Sri Mulyani.