Logo Bloomberg Technoz

Menteri-menteri Jokowi Korupsi, Defisit Akuntabilitas Terjadi

Ezra Sihite
22 May 2023 16:30

Johnny G. Plate. (Dok. Humas Kominfo)
Johnny G. Plate. (Dok. Humas Kominfo)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Menkominfo Johnny G Plate menjadi tersangka kasus korupsi BTS 4G Bakti Kominfo. Johnny diketahui menjadi menteri kelima era Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang terjerat kasus korupsi.

Lebih awal selain Johnny G Plate ada 4 menteri aktif di pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang sudah menjadi tersangka korupsi yang ditetapkan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Edhy Prabowo merupakan menteri kelautan dan perikanan yang menjadi tersangka korupsi ekspor benih lobster atau benur yang kemudian divonis penjara 5 tahun. Kemudian ada Menteri Sosial (Mensos) Juliari Batubara yang menjadi tersangka bantuan sosial (bansos) pada pandemi Covid-19. Dia divonis 12 tahun penjara.

Mantan Menteri Sosial Juliari P. Batubara. (Dok. Biro Hubungan Masyarakat Kementerian Sosial RI)

Selain Edhy dan Juliari, nama Idrus Marham juga dicatat sebagai mensos yang menjadi tersangka korupsi kasus gratifikasi PLTU Riau-1. Terkait kasus suap tersebut, dia divonis penjara 2 tahun. Kemudian Menpora Imam Nahrawi tersangka korupsi dana hibah Kemenpora dan KONI. Dinyatakan bersalah atas kasus gratifikasi tersebut, Imam divonis 7 tahun penjara.

Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan, Edhy Prabowo. (Dok.Humas KKP)

Diketahui Indeks Persepsi Korupsi (IPK) era Presiden Jokowi juga sempat menjadi perhatian tatkala Transparency International (TI) Indonesia merilis indeksnya untuk 2022. IPK Indonesia anjlok 4 poin pada 2022 menjadi 34 dari 38 dibandingkan tahun sebelumnya.