Logo Bloomberg Technoz

Menkes Kritik RS-RS Besar yang Getol Beli Produk Farmasi Luar

Krizia Putri Kinanti
16 May 2023 17:50

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin (YouTube Sekretariat Presiden)
Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin (YouTube Sekretariat Presiden)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengatakan bahwa untuk menata ulang industri kesehatan agar lebih baik maka bisa dimulai dari rumah sakit yang membeli produk-produk lokal. 

“Kok saya lihat RS (rumah sakit) di bawah saya yang maju RS kecil, yang belum nurut RS besar dan saya bilang saya sudah expect 1000 macam alasan RS besar. Ini ada ibu direktur RS besar, kenapa RS besar masih belinya barang impor, aku rasa RS besar tamu dari luarnya jauh lebih banyak daripada RS kecil maksudnya tamu-tamu dari industri farmasi,” ujar Budi Gunadi Sadikin di acara Forum Nasional Hilirisasi dan Peningkatan Penggunaan Sediaan Farmasi Dalam Negeri, Selasa (16/5/2023).

Ia kemudian mengingatkan perlu diawasi dan dicek lebih rinci mengenai rumah-rumah sakit mana saja yang masih getol membeli produk obat dari luar negeri.

“Dan saya orang bankir, kalau (isu) ini ramai semua pembelian RS besar aku list nama obatnya, belinya dari siapa, harganya berapa, aku tarik tuh abis beresin UU (RUU Kesehatan) ini,” katanya.

Dia mengingatkan agar rumah sakit mengutamakan pembelian dan penggunaan barang-barang dalam negeri meskipun diakuinya harganya bisa lebih mahal. Namun hal tersebut perlu dilakukan untuk memajukan produksi obat dalam negeri.