Logo Bloomberg Technoz

Rencana Pertamina Setelah Dapat Rp1,4 T dari Bank Eksim AS

Sultan Ibnu Affan
12 May 2023 20:05

Menteri ESDM Arifin Tasrif dan Dirut PT Pertamina Nicke Widyawati meninjau Proyek RDMP Balikpapan. (Dok Kementerian ESDM)
Menteri ESDM Arifin Tasrif dan Dirut PT Pertamina Nicke Widyawati meninjau Proyek RDMP Balikpapan. (Dok Kementerian ESDM)

Bloomberg Technoz, Jakarta – Pertamina mengonfirmasi kucuran dana US$99,7 juta atau sekitar Rp1,46 triliun dari Bank Ekspor-Impor (Eksim) Amerika Serikat (AS) untuk membiayai kilang minyak PT Kilang Pertamina Balikpapan.

Corporate Secretary PT Kilang Pertamina Internasional Hermansyah Y. Nasroen mengatakan dana tersebut murni akan digunakan untuk proyek refinery development master plan (RDMP) Balikpapan, yang ditargetkan memproduksi 101.000 barel per hari.

“Iya sudah [disepakati oleh Bank Eksim AS]. Kami sudah dikasih pemberitahuannya. [Dana itu akan digunakan] untuk RDMP Balikpapan. Kan kilang itu lagi proses pengembangan. Enggak ada yang lain, memang hanya untuk pengembangan kilang Balikpapan,” ujarnya saat dihubungi Bloomberg Technoz, Jumat (12/5/2023).

Lebih lanjut, dia menyatakan Kilang Pertamina Internasional sebagai Subholding Refinery & Petrochemical Pertamina mengapresiasi kepercayaan yang diberikan oleh Bank Eksim AS dalam memberikan dukungan pendanaan pengembangan kilang Balikpapan. 

Pendanaan Kilang Balikpapan oleh Bank Eksim AS. (Sumber: Bloomberg)


Untuk diketahui, rencana pendanaan tersebut pada awalnya sempat terancam batal lantaran Bank Eksim menarik proyek kilang Balikpapan dari agenda pertemuan pada 27 April, setelah menuai protes keras dari aktivis lingkungan.