Logo Bloomberg Technoz

Bukalapak Akan Jadi Pengendali Itemku.com, Lewat Kepemilikan 91%

Whery Enggo Prayogi
08 May 2023 15:50

Kantor Bukalapak (Dok Yunia/Bloomberg Technoz)
Kantor Bukalapak (Dok Yunia/Bloomberg Technoz)

Bloomberg Technoz, Jakarta - PT Bukapalak.com (BUKA) akan menjadi pemegang saham mayoritas atas PT Five Jack, lewat kepemilikan 91% dari total saham yang disetor dan ditempatkan. Five Jack merupakan entitas usaha yang menggawangi Itemku.com, platform e-commerce bidang gim.

Dalam pengumumannya kepada publik, direksi Five Jack menyatakan rencana pengambilalihan saham perusahaan oleh BUKA.

“Setiap kreditur mempunyai hak untuk menolak pengambilalihan dalam jangka waktu 14 hari kalender setelah pengumuman ini [Jumat, 5 Mei] dengan mengirimkan pemberitahuan keberatan secara tertulis kepada perseroan, disertai dengan penjelasan yang cukup mengenai alasan dan dasar dari keberatan tersebut,” tulis Five Jack.

Direksi Itemku.com menegaskan saat tidak terdapat sanggahan maka pengambilalihan dianggap telah disetujui. “Demikianlah pengumuman ini dibuat untuk memenuhi persyaratan sebagaimana yang diatur dalam Pasal 127 ayat (2) dan (8) Undang-undang No. 40 Tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas sebagaimana diubah sebagian dengan Undang-undang No. 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja,” papar direksi.

Pada Mei 2021 Itemku.com mulai diakuisisi oleh BUKA. Keduanya menyepakati untuk berkolaborasi lewat pengembangan proyek baru yang dikerjakan bersama. Chief Operations Officer Bukalapak Willix Halim menyatakan bergabungnya Itemku.com dalam ekosistem BUKA diharapkan akan mendorong katalisasi kebutuhan akan digital gaming di Indonesia.