Logo Bloomberg Technoz

Indonesia Dukung Timor Leste jadi Anggota ASEAN

Sultan Ibnu Affan
07 May 2023 19:27

Menko Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto setelah menggelar pertemuan ASEAN Economic Community Council (AECC) Minggu (7/5/2023).
Menko Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto setelah menggelar pertemuan ASEAN Economic Community Council (AECC) Minggu (7/5/2023).

Bloomberg Technoz, Jakarta - Indonesia menyatakan akan mendukung penuh Timor Leste untuk bergabung sebagai anggota ASEAN.

Hal itu dikatakan oleh Menteri Koordinator (Kemenko) Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto setelah menggelar pertemuan bersama menteri se-ASEAN dalam pertemuan ASEAN Economic Community Council (AECC) pada Minggu (7/5/2023).

"Kami juga membahas persiapan partisipasi Timor-Leste di ASEAN. Para Menteri mendukung Timor-Leste secara penuh untuk berpartisipasi dalam pertemuan [KTT ASEAN] dan kegiatan di Pilar Ekonomi ASEAN" kata Airlangga dalam konferensi pers usai pertemuan.

Hal Ini merupakan pertama kalinya Timor Leste berpartisipasi dalam KTT ASEAN dan menegaskan komitmen Indonesia dalam mendorong Timor-Leste bergabung sebagai anggota ASEAN.

Berdasarkan pantauan, dalam pertemuan tersebut, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Timor Leste, Joaquim Amaral juga terlihat menghadiri pertemuan para menteri ekonomi se-ASEAN itu.