Logo Bloomberg Technoz

Arcturus Muncul, Lakukan Ini agar Tak Tertular Saat Mudik

Ezra Sihite
14 April 2023 09:30

Lansia mendapatkan vaksin Covid-19 di Jakarta (Dimas Ardian/Bloomberg)
Lansia mendapatkan vaksin Covid-19 di Jakarta (Dimas Ardian/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Varian baru Covid-19 yakni Arcturus ditemukan di Indonesia dengan adanya dua pasien. Meskipun pasien tersebut dinyatakan sudah sembuh namun masyarakat tetap perlu mewaspadai penularan khususnya pada musim mudik Lebaran tahun ini.

Juru Bicara Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Mohammad Syahril mengatakan, sejauh ini gejala pasien varian Arcturus memang cenderung lebih ringan. Apalagi jika pasien sudah mendapatkan vaksin maka dimungkinkan tak akan sakit berat akibat infeksi itu. 

Pada dasarnya kata dia, dunia memang belum lepas dari pandemi dan kondisi pandemi masih terjadi dan mutasi virus bisa berlanjut sebagaimana kemunculan varian baru Arcturus. Penularan juga lebih cepat namun gejala bisa lebih ringan. 

"Ya (gejala ringan) kalau dari laporan luar negeri pasien-pasien Arcturus walau kasus meningkat di Prancis dan Inggris. Itu sifat-sifat virus yang baru. Nah statement kita pandemi belum dicabut dan kini Indonesia apabila terjadi kenaikan kasus dan parameter kasus maka kita tetap diminta waspada," kata Mohammad Syahril kepada Bloomberg Technoz, Jumat pagi (14/4/2023).

Dia mengatakan ada dua hal yang menjadi imbauan Kemenkes terkait varian baru Arcturus. Pertama, masyarakat agar mendapatkan vaksin Covid-19 minimal hingga booster pertama sebelum melakukan mudik dan berinteraksi dengan banyak orang.