Logo Bloomberg Technoz

Gelombang Covid-19 Kembali Menerpa Asia

News
13 April 2023 22:37

Ilustrasi hidup berdampingan dengan Covid-19 di Singapura (Sumber: Bloomberg)
Ilustrasi hidup berdampingan dengan Covid-19 di Singapura (Sumber: Bloomberg)

Nurin Sofia dan Chris Kay-Bloomberg News

Bloomberg-Asia kembali mengalami gelombang kenaikan kasus Covid-19. Padahal kebanyakan negara di wilayah ini sudah memperlakukan penyakit itu sebagai endemi dengan konsekuensi pelonggaran berbagai kebijakan termasuk dalam sistem kesehatan.

Infeksi Covid-19 di Singapura misalnya meningkat hingga dua kali lipat pada akhir Maret yang menandai angka kenaikan tertinggi dalam tahun ini, sebagaimana data dihimpun Kementerian Kesehatan Singapura, dikutip Bloomberg News.

Sementara India melaporkan kenaikan kasus Covid-19 harian sejak Agustus tahun lalu. Indonesia juga mengalami angka penambahan dibandingkan empat bulan terakhir. Tak berbeda dengan Vietnam yang masih harus berjibaku melakukan pencegahan terhadap virus penyebab penyakit itu.

Tak hanya peningkatan kasus Covid-19, sejumlah negara Asia kini menghadapi subvarian baru XBB yang merupakan jenis omicron yang diindikasikan bisa cepat menular namun disebut tidak menyebabkan gejala yang parah. Namun demikian populasi pada umumnya sudah mendapatkan vaksin yang diwajibkan dalam pemberantasan Covid-19 pada masa pandemi. Hanya, munculnya varian baru akan menjadi tantangan terlebih negara-negara tersebut sedang berupaya hidup berdampingan dengan Covid-19.

Grafik peningkatan kasus Covid-19 (Dok Bloomberg)