Logo Bloomberg Technoz

FIFA Jatuhkan Sanksi Ringan, RI Tak Jadi Dikucilkan

Ezra Sihite
06 April 2023 21:55

Presiden FIFA Gianni Infantino dan Ketum PSSI Erick Thohir (FIFA.com)
Presiden FIFA Gianni Infantino dan Ketum PSSI Erick Thohir (FIFA.com)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Federasi Sepak Bola Dunia (FIFA) memberikan sanksi administrasi berupa pembekuan dana FIFA Forward untuk keperluan operasional Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI). Sanksi ini dijatuhkan usai Indonesia batal jadi tuan rumah Piala Dunia U-20.

Diketahui sanksi ini disampaikan usai Presiden FIFA Gianni Infantino bertemu dengan Ketua Umum PSSI Erick Thohir di Paris, Prancis.

"Presiden FIFA menjelaskan dalam pertemuan bahwa FIFA menjatuhkan sanksi berupa pembekuan dana FIFA Forward hingga waktu yang belum ditentukan. FIFA juga sedang menilai rencana strategis yang dipresentasikan PSSI. FIFA menyatakan tetap berkomitmen mendukung PSSI dalam proses transformasi sepak bola dan akan tetap memberikan bantuan yang diperlukan," dikutip dari laman FIFA.com.

Dalam laman FIFA disebutkan bahwa pemerintah Indonesia juga berkomitmen untuk menginvestasikan infrastruktur sepak bola lokal. Presiden FIFA Gianni Infantino bertemu dengan Erick Thohir di Paris untuk membahas langkah-langkah selanjutnya dalam transformasi sepak bola Indonesia sebagai tindak lanjut dari pertemuan mereka di Qatar minggu lalu.

Istilahnya, Indonesia hanya mendapat kartu kuning tidak kartu merah

Erick Thohir

Erick Thohir mempresentasikan draft pertama rencana strategis untuk sepak bola Indonesia yang mencakup semua area yang diidentifikasi membutuhkan perbaikan segera mulai dari tingkat dasar hingga permainan profesional. Dia juga menyampaikan rencana dan komitmen pemerintah Presiden Joko Widodo untuk menginvestasikan infrastruktur sepak bola di seluruh negeri.