Logo Bloomberg Technoz

Piala Dunia U-20

Estimasi Rugi Rp 3,7 T karena RI Batal Jadi Tuan Rumah U-20

Tara Marchelin
01 April 2023 07:38

Karangan bunga atas batalnya Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U20 2023 di kantor PSSI. (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)
Karangan bunga atas batalnya Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U20 2023 di kantor PSSI. (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahudin Uno mengungkapkan pemerintah sedang melakukan kajian terkait kerugian akibat dibatalkannya turnamen Piala Dunia U-20. Namun dia mengestimasi total kerugian minimal sebesar Rp 3,7 triliun. 

“Kita sedang mengkaji dan sudah keluar hasil kajian awal di mana venue-venue sudah direnovasi beberapa tahun terakhir oleh Kementerian PUPR dan Kemenpora. Ini jumlahnya diatas Rp 500 miliar,” kata Sandi saat ditemui awak media setelah peresmian Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) LIDO pada Jumat (31/3/2023). 

Sandiaga mengatakan dampak langsung juga terjadi pada kunjungan wisata mancanegara (wisman) yang diproyeksi mencapai lebih dari 50.000 orang karena suporter tim sepakbola negara lain yang juga batal hadir. Pembatalan tersebut, katanya, juga berdampak pada pendapatan berbasis jumlah penonton yang diperkirakan mencapai lebih dari 2 juta penonton pada pertandingan-pertandingan di enam kota.  

“Minimal dampaknya itu mencapai Rp 3,7 triliun dan ini kerugian yang besar,” katanya. 

Selain kerugian materiil, Sandiaga juga menyoroti dampak terhadap reputasi Indonesia sebagai penyelenggara acara-acara internasional, terlebih Indonesia masih akan menyelenggarakan banyak acara internasional kedepannya.