Logo Bloomberg Technoz

Kekayaan Pendiri TikTok Mencapai Rp 633 T, Susut Rp 195 T

News
31 March 2023 09:40

Zhang Yiming (Sumber: Bloomberg)
Zhang Yiming (Sumber: Bloomberg)

Venus Feng dan Zheping Huang - Bloomberg News

Bloomberg, Kekayaan Zhang Yiming, salah satu pendiri ByteDance Ltd., induk TikTok di China diperkirakan mencapai US$42,3 miliar atau setara Rp 633,10 triliun, lebih kecil  US$ 13 miliar (Rp 194,8 triliun) dari perkiraan. Fakta ini terunkap setelah CEO TikTok Shou Chew memberikan keterangan di depan Kongres Amerika Serikat (AS) pekan lalu.

Meskipun sudah memberikan sejumlah penjelasan tetapi tak meredakan kekhawatiran seputar keamanan di platform itu dan malah membuka petunjuk baru tentang kekayaan Zhang, yang berusia 39 tahun dan merupakan salah satu orang terkaya di dunia saat ini yang merupakan pendiri induk perusahaan TikTok.

Chew di depan Kongres AS dalam penjelasannya mengatakan, bahwa para pendiri ByteDance memiliki sekitar 20% saham perusahaan. Angka itu lebih rendah dari estimasi yang dilaporkan dalam beberapa tahun terakhir.

Artinya kekayaan nilai kekayaan pribadi Zhang  berdasarkan perhitungan awal bulan ini yang diperkirakan mencapai US$42,3 miliar, dari total nilai perusahaan US$220 miliar,  menurut Bloomberg Billionaires Index.