Logo Bloomberg Technoz

RI Susun Roadmap Hidrogen, Sektor Transportasi Butuh 1,1 Juta Ton

Dovana Hasiana
16 May 2024 16:10

Pembangkit hidrogen hijau PLN./dok. PLN
Pembangkit hidrogen hijau PLN./dok. PLN

Bloomberg Technoz, Jakarta Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mengatakan tengah menyusun peta jalan (roadmap) untuk industri hidrogen dan amonia nasional  hingga selepas 2060.

Saat ini, Kementerian ESDM tengah melakukan finalisasi dokumen dan mendapatkan masukan dari kementerian/lembaga (k/l), khususnya untuk menetapkan proyeksi kebutuhan atau permintaan dari beberapa sektor, yakni; industri, transportasi, pembangkit listrik dan jaringan gas (jargas).

“Kapan selesai? Segera. Kita harapkan begitu ya. Kita juga melibatkan banyak stakeholders, termasuk Pertamina, PLN, industri pupuk dan kementerian/lembaga terkait,” ujar Koordinator Keteknikan dan Lingkungan Aneka EBT Kementerian ESDM Tony Susandy dalam agenda Seminar Masa Depan Mobil Hidrogen, Kamis (15/5/2024).

Adapun, dokumen peta jalan tersebut masih dalam finalisasi lantaran angka kebutuhan untuk masing-masing sektor juga masih mengalami pergerakan. Tony menambahkan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) juga memberikan pandangan bahwa hidrogen lebih cocok digunakan untuk kendaraan komersial seperti truk.

“Namun mereka [Kemenhub] juga belum memiliki angka [proyeksi permintaan hidrogen untuk sektor transportasi]. Kami harapkan dari Kemenhub juga nanti bisa mengeluarkan angka proyeksi,” ujarnya.  

Mobil bertenaga hidrogen di stasiun pengisian bahan bakar hidrogen Saudi Aramco di Dhahran, Arab Saudi, Minggu (27/6/2021). (Maya Siddiqui/Bloomberg)