Logo Bloomberg Technoz

Peringatan khusus ditambahkan menjelang perkiraan bahwa matahari akan tegak lurus — atau tepat 90 derajat — di atas Bangkok tepat setelah tengah hari pada hari Jumat, ketika suhu diperkirakan mencapai 39°C, meskipun masih di bawah puncak 41°C pada bulan Mei tahun lalu.

Wilayah utara dan timur laut Thailand diharapkan menjadi yang terpanas di negara itu hingga akhir bulan, dengan suhu mencapai 44°C di beberapa daerah, menurut Departemen Meteorologi Thailand. Hujan es dan badai petir mungkin melanda kedua wilayah tersebut, kata departemen tersebut.

Kematian terkait heat stroke (serangan panas) telah meningkat menjadi 30 di seluruh negeri tahun ini, kata Kementerian Kesehatan Masyarakat dalam sebuah pernyataan pada hari Rabu. Negara tersebut secara resmi mencatat 37 kematian terkait panas pada tahun 2023, menurut data pemerintah.

Menteri Energi mengatakan penggunaan daya Thailand melonjak ke rekor tertinggi 35,830 megawatt pada hari Senin, dengan suhu mencapai 44,2°C di provinsi Lampang di utara pada hari itu.

Ekonomi terbesar kedua di Asia Tenggara ini telah bersiap untuk hari-hari yang lebih panas dari biasanya karena pola cuaca El Nino yang diperkirakan akan berlangsung hingga Juni. Suhu yang membara ini mempengaruhi sektor pertanian Thailand, dengan "kekhawatiran tentang pasar gula mereka," kata The Hightower Report dalam komentar pasar minggu ini.

Suhu tertinggi yang tercatat di Thailand adalah 44,6°C di beberapa titik baik pada tahun 2016 maupun 2023, menurut departemen meteorologi.

(bbn)

No more pages