Logo Bloomberg Technoz

AS telah lama menuduh Iran dan Korea Utara melakukan kerja sama militer di bidang rudal dan nuklir yang berlangsung sejak tahun 1980-an hingga dekade pertama tahun 2000-an. Kerja sama ini telah meruncing dalam beberapa tahun terakhir karena sanksi dan juga pengembangan produksi senjata domestik di kedua negara.

Washington telah menuduh keduanya melakukan pelanggaran sanksi dengan mengirimkan senjata ke Rusia untuk perang di Ukraina. Dalam kunjungan ke Korea Selatan bulan ini, Duta Besar AS untuk PBB Linda Thomas-Greenfield mengatakan bahwa sebagai imbalan atas senjata tersebut, Moskow menawarkan dukungan yang membantu program persenjataan Korea Utara dan Iran.

Pejabat senior Departemen Luar Negeri AS untuk Korea Utara, Jung Pak, mengatakan dalam sebuah wawancara minggu ini bahwa sekarang ada risiko nyata bahwa sifat hubungan Korea Utara yang sangat terkenal dengan Rusia dapat membuat persenjataannya lebih menarik bagi kelompok-kelompok lain di seluruh dunia.

Badan mata-mata Korea Selatan mengeluarkan peringatan yang jarang terjadi minggu lalu tentang kerja sama antara Iran dan Korea Utara, dengan mengatakan bahwa ada kemungkinan Pyongyang dapat membantu Iran dalam serangannya terhadap Israel.

Korea Selatan sebelumnya mengatakan bahwa senjata-senjata Korea Utara telah digunakan oleh Hamas, sebuah kelompok teroris yang ditetapkan oleh Amerika Serikat, untuk melawan Israel seiring berlanjutnya perang di Gaza.

Meskipun belum ada dugaan spesifik mengenai transfer senjata baru-baru ini antara Korea Utara dan Iran, ada beberapa hal yang mungkin diinginkan oleh masing-masing pihak. Korea Utara yang kekurangan energi dapat mengambil manfaat dari minyak Iran dan mungkin ingin mendapatkan pesawat tak berawak seperti yang telah dikirim Teheran ke Rusia, kata pakar senjata Lami Kim, seraya menambahkan bahwa program nuklir Iran dapat menerima dorongan dari teknologi Korea Utara.

"Kerja sama militer lebih lanjut antara kedua negara sangat mungkin terjadi," kata Kim, seorang profesor studi keamanan di Daniel K Inouye Asia-Pacific Center for Security Studies.

Sementara itu, meskipun ada kebocoran dokumen yang diretas baru-baru ini yang mengindikasikan sebaliknya, Iran telah berulang kali membantah menjual drone kepada Rusia untuk digunakan di Ukraina, tetapi mengatakan bahwa mereka mengirim "sejumlah kecil" sebelum invasi Februari 2022.

Moskow dan Pyongyang membantah tuduhan transfer senjata meskipun banyak foto satelit yang dirilis oleh kelompok-kelompok penelitian dan pemerintah AS menunjukkan aliran senjata dari Korea Utara ke Rusia dan kemudian ke tempat pembuangan amunisi di dekat perbatasan dengan Ukraina.

"Tampaknya ini merupakan bagian dari upaya yang lebih luas untuk membangun koalisi melawan AS," kata Koo Gi Yeon, seorang profesor riset di Pusat Asia Universitas Nasional Seoul, mengacu pada perjalanan delegasi Korea Utara.

(bbn)

No more pages