Logo Bloomberg Technoz

Biaya Hukum Meningkat Drastis, Dana Kampanye Trump Terancam

News
22 April 2024 14:10

Donald Trump (Sumber: Bloomberg)
Donald Trump (Sumber: Bloomberg)

Bill Allison - Bloomberg News

Bloomberg, Menurut dokumen keuangan kampanye, Donald Trump menghabiskan US$4,9 juta (Rp79,4 miliar) untuk biaya hukum pada bulan Maret dan hanya memiliki sisa US$6,8 juta (Rp110 miliar) di rekening yang telah ia gunakan untuk membiayai pengacaranya. Hal ini membuatnya menghadapi krisis keuangan saat biaya persidangannya meningkat.

Hal ini memaksa Trump, seorang terdakwa kriminal dalam persidangan yang sedang berlangsung di Manhattan, untuk mencari sumber dana lain guna menutupi biaya yang meningkat dari pertempuran hukumnya. Trump dapat mencoba mengumpulkan lebih banyak uang dari para donor, meminta Komite Nasional Partai Republik (Republican National Committee/RNC) untuk menanggung biaya atau membayar biaya tersebut dari kekayaannya sendiri. RNC telah mengatakan bahwa mereka tidak akan membayar biaya hukum Trump.

Sejauh ini, Trump membayar pengacaranya melalui Save America, sebuah komite aksi politik kepemimpinan yang dapat menerima uang dari donor politik. Save America telah menghabiskan lebih dari US$62 juta untuk biaya hukum sejak Januari 2023.

Save America mengakhiri bulan Maret dengan sekitar US$4 juta uang tunai. Komite ini juga dapat meminta komite aksi politik (Political Action Committee/PAC) sekutu Trump untuk mengembalikan US$2,8 juta yang tersisa dari donasi yang diterima dari Save America pada 2022.