Logo Bloomberg Technoz

Vale Indonesia (INCO) Resmi Sepakati Right Issue dan Divestasi

Sultan Ibnu Affan
20 April 2024 08:30

Vale di NYSE./Bloomberg-Michael Nagle
Vale di NYSE./Bloomberg-Michael Nagle

Bloomberg Technoz, Jakarta - PT Vale Indonesia Tbk (INCO) resmi menyepakati penambahan modal perseroan dengan memberikan Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu (PMHMETD) atau right issue dalam rapat umum pemegang saham luar biasa (RUPSLB) yang digelar Jumat (19/4/2024).

Dengan demikian, manajemen INCO bakal resmi menawarkan saham right issue dengan menerbitkan sebanyak 605.445.14 atau 603,4 juta saham baru dengan nilai nominal Rp25.

"RUPSLB juga menyetujui untuk menegaskan, menetapkan, dan menyusun kembali susunan para pemegang saham Perseroan setelah penyelesaian transaksi pengambilalihan (termasuk PMHMETD) sesuai dengan data kepemilikan saham berdasarkan daftar pemegang saham perseroan yang tersedia kemudian setelah penyelesaian transaksi pengambilalihan," tutur manajemen dalam siaran resminya.

Selain itu, RUPSLB juga menyetujui perubahan Pasal 11 (Direksi), Pasal 12 (Tugas dan Wewenang Direksi), Pasal 13 (Rapat Direksi), Pasal 16 (Tugas dan Wewenang Dewan Komisaris) dan Pasal 17 (Rapat Dewan Komisaris) anggaran dasar Perseroan sehubungan dengan perubahan tersebut.

Namun, manajemen menggarisbawahi perubahan tersebut akan berlaku efektif setelah penyelesaian transaksi pengambilalihan dan juga penerbitan izin usaha pertambangan khusus (IUPK) sebagai kelanjutan operasi perseroan.