Logo Bloomberg Technoz

AS Veto Upaya PBB Jadikan Palestina Anggota Penuh

News
19 April 2024 09:50

Perserikatan Bangsa-bangsa atau PBB. (Dok Bloomberg)
Perserikatan Bangsa-bangsa atau PBB. (Dok Bloomberg)

Augusta Saraiva - Bloomberg News

Bloomberg, Amerika Serikat memveto upaya untuk menjadikan Palestina sebagai anggota penuh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), menolak upaya Palestina untuk mendapatkan pengakuan internasional yang lebih luas.  

12 dari 15 anggota Dewan Keamanan PBB memberikan suara mendukung proposal tersebut pada Kamis, sementara Inggris dan Swiss abstain. Meskipun Otoritas Palestina menerima dukungan yang cukup untuk membawa proposal tersebut ke Majelis Umum untuk mendapatkan konfirmasi, namun suara negatif dari Amerika Serikat--yang memiliki hak veto--cukup untuk menggagalkannya.

Negara-negara Arab menghidupkan kembali proposal keanggotaan penuh, yang awalnya ditolak pada tahun 2011, dalam upaya untuk mempertahankan momentum bagi perjuangan Palestina karena jumlah korban sipil yang tewas dalam perang antara Israel dan militan Hamas yang didukung Iran di Jalur Gaza terus meningkat.

Para menteri luar negeri dari negara-negara termasuk Iran, Yordania, dan Aljazair melakukan perjalanan ke New York untuk menghadiri debat mengenai Timur Tengah sebelum pemungutan suara.