Logo Bloomberg Technoz

Iran Siap Redakan Eskalasi Jika Israel Hentikan Rencana Membalas

News
19 April 2024 08:45

Bendera Iran. (Dok: Bloomberg)
Bendera Iran. (Dok: Bloomberg)

Augusta Saraiva - Bloomberg News

Bloomberg, Iran siap untuk meredakan ketegangan dengan Israel asalkan negara itu setuju untuk menghentikan langkah militer lebih lanjut yang bertentangan dengan kepentingan Teheran, Menteri Luar Negeri Hossein Amirabdollahian mengatakan di Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

"Pertahanan dan penanggulangan yang sah dari Iran telah disimpulkan," kata Amirabdollahian kepada Dewan Keamanan PBB pada Kamis. Israel "harus dipaksa untuk menghentikan petualangan militer lebih lanjut terhadap kepentingan kami." Jika tidak, katanya, Iran akan "memberikan tanggapan yang tegas dan tepat" yang akan membuat Israel "menyesali tindakannya."

Amirabdollahian mengatakan bahwa serangan rudal dan pesawat tak berawak Iran ke Israel pada akhir pekan lalu "terbatas dan minimal," hanya menargetkan pangkalan militer. Hal itu merupakan tanggapan atas serangan Israel sebelumnya terhadap fasilitas konsulat Iran di Suriah, katanya.

Namun, para pejabat Israel telah bersumpah untuk menanggapi serangan Iran akhir pekan lalu, meskipun sebagian besar rudal dan pesawat tak berawak yang masuk berhasil dihentikan oleh Israel dan sekutunya, termasuk Amerika Serikat dan Inggris.