Logo Bloomberg Technoz

Iran Pamer Drone & Rudal, Sinyal Siap Hadapi Serangan Israel

Redaksi
18 April 2024 18:15

Bendera Iran. (Dok: Bloomberg)
Bendera Iran. (Dok: Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Di tengah ketegangan regional yang semakin tinggi, Iran memamerkan drone, rudal, dan tentara pada Rabu untuk menunjukkan bahwa mereka siap menghadapi tanggapan apa pun dari Israel setelah meluncurkan serangan yang belum pernah terjadi sebelumnya terhadap musuh bebuyutannya.

Republik Islam ini melakukan serangan langsung pertama kalinya ke Israel pada akhir pekan lalu sebagai tanggapan atas serangan udara pada 1 April terhadap konsulatnya di Damaskus yang secara luas dituduhkan kepada Israel.

Operasi yang dijuluki Janji Jujur itu "meruntuhkan kejayaan rezim Zionis (Israel)," kata Presiden Ebrahim Raisi di sebuah pangkalan militer di pinggiran Teheran, melansir Al Arabiya, Kamis (18/4/2024).

"Operasi ini menunjukkan bahwa angkatan bersenjata kami siap," katanya dalam sebuah pidato yang ditujukan kepada tentara reguler dan Korps Garda Revolusi Islam (IRGC).

Dalam parade Rabu, angkatan bersenjata Iran memamerkan berbagai peralatan militer termasuk pesawat tak berawak dan rudal balistik jarak jauh.