Logo Bloomberg Technoz

Kabinet memperdebatkan waktu dan ruang lingkup tanggapan, kata dua pejabat Israel yang mengetahui tentang pertimbangan tersebut kepada CNN. Seorang pejabat mengatakan bahwa Israel harus bertindak cepat.

Para analis mengatakan bahwa Israel hanya memiliki sedikit pilihan, dan setiap pilihan tersebut memiliki harga yang harus dibayar oleh negara Yahudi tersebut, terutama karena Israel telah terlibat dalam perang brutal selama enam bulan dengan Hamas di Jalur Gaza dan menghadapi berbagai militan yang didukung oleh Iran di wilayah tersebut.

Sebuah serangan langsung terhadap Iran akan menjadi preseden baru. Meskipun Israel diyakini telah melakukan operasi rahasia di Iran selama bertahun-tahun, sering kali menargetkan individu atau fasilitas yang dianggap sebagai ancaman bagi keamanannya, Israel tidak pernah melancarkan serangan militer langsung ke wilayah Iran.

"Kami jelas berada dalam fase baru, dan fase yang sangat berbahaya dalam konfrontasi Israel-Iran," kata Raz Zimmt, seorang ahli Iran di Institut Studi Keamanan Nasional (INSS) di Tel Aviv. "Iran jelas telah mencoba mengubah aturan main dengan Israel... Kita mungkin akan melihat lebih banyak lagi serangan langsung di masa depan."

Meskipun Israel mungkin merasa sulit untuk tidak membalas, katanya, Israel mungkin tidak akan melakukan "serangan militer skala penuh terhadap target-target di dalam wilayah Iran" karena Teheran telah bersumpah untuk membalas dengan respons yang lebih besar daripada serangan yang diluncurkan pada akhir pekan lalu.

"Preferensi di Israel adalah melanjutkan dan berkonsentrasi untuk mencapai tujuan utama kami di Gaza, dan tidak membuka front baru," kata Zimmt kepada CNN.

Alon Pinkas, seorang mantan diplomat Israel, mengatakan bahwa kecil kemungkinan Israel akan membalas dengan menyerang Iran secara langsung. Namun, jika itu terjadi, katanya, dampaknya akan bergantung pada target. Target-targetnya bisa berupa aset-aset militer atau program nuklir Republik Islam, katanya. "Masing-masing mewakili tingkat eskalasi yang berbeda."

Seorang pejabat Israel mengatakan kepada CNN pada Senin bahwa di antara opsi-opsi militer yang sedang dipertimbangkan adalah serangan terhadap fasilitas Iran yang akan mengirim pesan ke Teheran, tetapi tidak menimbulkan korban. Para pejabat Israel menyadari bahwa hal itu akan menjadi jarum yang sulit untuk dilakukan, tambah pejabat tersebut.

(ros)

No more pages