Logo Bloomberg Technoz

Mungkinkah Konflik Iran-Israel Picu Perang Dunia III?

Rosmayanti
16 April 2024 17:15

Iran Serang Israel (Dok. Bloomberg)
Iran Serang Israel (Dok. Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Beberapa hari terakhir serangan Iran ke Israel jadi perbincangan hangat dunia. Banyak orang menduga konflik dua negara tersebut bakal memicu perang dunia III. Namun, benarkah asumsi masyarakat tersebut?

Pengamat hubungan internasional Aleksius Jemadu menilai situasi tersebut memang mengkhawatirkan. Pasalnya Israel dipastikan akan membalas serangan Iran tersebut, meski belum tahu kapan dan bagaimana balasan tersebut.

“Israel akan melakukan satu respons dan tindakan untuk membalas apa yang dilakukan oleh Iran pada hari Sabtu itu. Nah seperti apa tindakan itu belum kita ketahui, tetapi probabilitasnya cukup tinggi misalnya akan melakukan serangan yang sama juga langsung ke wilayah Iran,” beber Aleksius kepada Bloomberg Technoz, Selasa (16/4/2024).

Menurut Aleksius, Israel bakal menargetkan target-target militer Iran karena Israel berkepentingan untuk mempertahankan eksistensinya dan tidak ada negara yang mau memberi kesan bahwa dia lemah dalam hal pertahanannya.

Pola Serangan Iran ke Israel.

“Sehingga situasinya memang sangat mengkhawatirkan, kita berharap bahwa tidak akan terjadi eskalasi di luar kendali karena ini menyangkut rudal-rudal jarak jauh, rudal balistik, yang digunakan juga oleh Iran ke Israel,” ungkapnya.