Logo Bloomberg Technoz

Pengiriman Ponsel Global Naik 7,8% KuartaI I, Samsung Terlaris

Muhammad Fikri
15 April 2024 17:07

Smartphone Samsung Galaxy S24 selama acara pratinjau media di Seoul, Korea Selatan, Senin (15/1/2024). (SeongJoon Cho/Bloomberg)
Smartphone Samsung Galaxy S24 selama acara pratinjau media di Seoul, Korea Selatan, Senin (15/1/2024). (SeongJoon Cho/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - International Data Corporation (IDC) Worldwide Quarterly Mobile Phone Tracker melaporkan pengiriman ponsel pintar global meningkat 7,8% menjadi 289,4 juta unit pada kuartal I 2024 secara tahunan (year-on-year/YoY).

Peningkatan terjadi meskipun industri ponsel belum sepenuhnya pulih karena tantangan ekonomi makro masih menghantui banyak pasar. Hal ini menandakan pertumbuhan pengiriman selama tiga kuartal berturut-turut, merupakan indikator kuat bahwa pemulihan sedang berlangsung.

“Seperti yang diharapkan, pemulihan ponsel pintar terus bergerak maju dengan optimisme pasar yang perlahan terbangun di antara merek-merek ternama,” kata Ryan Reith, Wakil Presiden Worldwide Mobility and Consumer Device Trackers IDC, Senin (15/4/2024).

Samsung berhasil menegaskan kembali dirinya sebagai penyedia ponsel pintar terkemuka pada kuartal pertama, meskipun Apple sempat merebut posisi teratas pada akhir 2023 lalu. IDC memperkirakan kedua perusahaan ini akan mempertahankan pangsa mereka di pasar kelas atas.

"Kebangkitan dari Huawei di China, serta keuntungan penting dari Xiaomi, Transsion, OPPO/OnePlus, dan Vivo kemungkinan akan membuat kedua OEM tersebut mencari area untuk melakukan ekspansi dan diversifikasi merek-merek yang lebih kecil berjuang untuk mendapatkan posisi." tutur Ryan.