Logo Bloomberg Technoz

KNKT Akan Periksa Daihatsu, Imbas Gran Max Nahas di KM 58 Japek

Dovana Hasiana
11 April 2024 13:50

All New Ayla. (Sumber: Daihatsu.id)
All New Ayla. (Sumber: Daihatsu.id)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) mengatakan bakal melakukan pemeriksaan terhadap Daihatsu dan pihak terkait lainnya, sebagai buntut dari kecelakaan maut di KM 58 Jalan Tol Jakarta—Cikampek (Tol Japek) pada awal pekan ini.

Ketua KNKT Soerjanto Tjahjono mengatakan hal ini perlu dilakukan untuk memahami masalah keselamatan imbas terjadinya kecelakaan nahas pada Senin (8/4/2024) tersebut. Adapun, 2 mobil besutan Daihatsu yang terlibat dalam insiden tersebut, yakni Gran Max dan Terios. Keduanya terbakar imbas kecelakaan tersebut. 

Dalam kaitan itu, KNKT bakal meminta dan mengkaji data ihwal desain dan proses sertifikasi milik Daihatsu. 

Kita akan mempelajari apakah ada kesamaan terhadap kecelakaan yang terdahulu, yaitu tertabraknya Daihatsu Gran Max oleh KRL dekat Stasiun Senen dan terbakar.

Ketua Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) Soerjanto Tjahjono

“Saat ini kami belum bisa bicara masalah keselamatan mobil. Untuk memahami hal ini kami akan cek dengan Daihatsu dan pihak terkait lainya. Kami akan minta data design dan proses seritifikasi dan akan kita kaji bersama,” ujar Soerjanto kepada Bloomberg Technoz, Kamis (11/4/2024). 

Suara Ledakan