Logo Bloomberg Technoz

Taiwan: Bantuan Mengalir ke Ratusan Orang Terdampar Akibat Gempa

News
05 April 2024 17:40

Sebuah bangunan rusak akibat gempa bumi di Hualien, Taiwan, Kamis (4/4/2024). (An Rong Xu/Bloomberg)
Sebuah bangunan rusak akibat gempa bumi di Hualien, Taiwan, Kamis (4/4/2024). (An Rong Xu/Bloomberg)

Betty Hou - Bloomberg News

Bloomberg, Pejabat Taiwan mengatakan bantuan mengalir ke ratusan orang di sisi timur pulau itu yang masih terdampar akibat penutupan jalan dan puing-puing setelah gempa terburuk di pulau itu sejak tahun 1999.

Gempa pada Rabu menewaskan 10 orang dan melukai lebih dari 1.100 orang, dan 13 orang masih belum ditemukan, menurut laporan terakhir dari petugas darurat. Jumlah korban tewas masih bisa bertambah seiring dengan upaya tim penyelamat untuk menggali reruntuhan di beberapa daerah dan pencarian korban yang masih terus berlanjut.

Tim darurat telah menggunakan helikopter untuk mengirimkan pasokan termasuk makanan dan air ke sebuah hotel, gereja, dan sekolah dasar tempat orang-orang terjebak sejak gempa berkekuatan 7,4 skala Richter melanda.

Gempa susulan terus mengguncang pulau ini sejak Rabu, meskipun intensitasnya telah menurun. Gempa berkekuatan 5,4 skala Richter melanda timur laut wilayah Hualien di Taiwan timur sekitar pukul 13.00 waktu setempat pada Jumat, mengguncang gedung-gedung perkantoran yang berjarak sekitar 160 kilometer (99 mil) jauhnya di Taipei.