Logo Bloomberg Technoz

Ancaman Korut Akan Jadi Isu Pertemuan Biden dan Kishida

Redaksi
04 April 2024 20:20

Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida Bertemu Presiden AS Joe Biden Menjelang KTT G-7 (Kiyoshi Ota/Bloomberg)
Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida Bertemu Presiden AS Joe Biden Menjelang KTT G-7 (Kiyoshi Ota/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Presiden AS Joe Biden dan Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida akan membahas berbagai isu, termasuk ancaman Korea Utara dan kerja sama trilateral kedua negara dengan Korea Selatan, dalam pertemuan puncak mereka minggu depan, seorang pejabat Gedung Putih mengatakan pada Rabu.

Kedua pemimpin akan mengadakan pertemuan puncak pada 10 April karena Washington dan Tokyo sedang meningkatkan kerja sama pertahanan di tengah meningkatnya ketidakpastian keamanan yang berasal dari ancaman militer Korea Utara yang terus berkembang, ketegasan China yang semakin meningkat, dan perang Rusia yang sedang berlangsung melawan Ukraina.

"Presiden sangat menantikan kunjungan kenegaraan ini. Ada banyak sekali hal penting yang harus dibicarakan," ujar Penasihat Komunikasi Keamanan Nasional John Kirby dalam sebuah konferensi pers virtual, mengutip Yonhap, Kamis (4/4/2024).

"Akan ada isu-isu dalam hal lingkungan keamanan--kekhawatiran tentang DPRK, kekhawatiran tentang tindakan agresif China," tambahnya.

DPRK dan RRT merupakan singkatan dari nama resmi Korea Utara dan Tiongkok, masing-masing Republik Demokratik Rakyat Korea dan Republik Rakyat Tiongkok.