Logo Bloomberg Technoz

Biden Desak Kongres AS Setujui Penjualan Jet F-15 ke Israel

Redaksi
04 April 2024 14:10

Presiden AS Joe Biden. (Dok: Bloomberg)
Presiden AS Joe Biden. (Dok: Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Pemerintahan Presiden AS Joe Biden mendesak Kongres untuk menyetujui penjualan jet tempur F-15 ke Israel senilai total US$18 miliar, sementara menolak seruan-seruan untuk mengekang penjualan senjata AS ke negara Yahudi tersebut atas serangan militernya di Jalur Gaza, demikian dilaporkan media AS, mengutip para pejabat AS.

Melansir Sputnik, Kamis (4/4/2024), Departemen Luar Negeri AS baru-baru ini mengirimkan pemberitahuan informal kepada dua komite kongres yang mendesak mereka untuk memulai pertimbangan legislatif atas penjualan pesawat-pesawat tersebut, surat kabar itu melaporkan.

Kesepakatan ini diharapkan akan mencakup amunisi, pelatihan untuk mengoperasikan pesawat-pesawat tempur tersebut, dan bantuan-bantuan lainnya.

Pada saat yang sama, para pejabat AS mengatakan bahwa dibutuhkan setidaknya lima tahun bagi Israel untuk menerima jet-jet tersebut.

Sementara itu, para pejabat Israel mengatakan bahwa negara tersebut akan segera mendekati Washington dengan pesanan baru untuk jet tempur F-35, surat kabar tersebut melaporkan.