Logo Bloomberg Technoz

Prabowo Temui PM Jepang, Bahas Hubungan Pertahanan & Ekonomi

Redaksi
03 April 2024 17:00

Prabowo Subianto dan Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida. (Dok: AP/Eugene Hoshiko)
Prabowo Subianto dan Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida. (Dok: AP/Eugene Hoshiko)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Prabowo Subianto, presiden terpilih dan menteri pertahanan Indonesia, bertemu dengan Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida pada Rabu dalam kunjungannya ke Jepang yang langsung diikuti dengan pembicaraan dengan Presiden Tiongkok Xi Jinping.

"Di bawah kemitraan strategis yang komprehensif, sebagai mitra yang sangat baik, kami ingin memajukan hubungan bilateral dan kerja sama kami dalam urusan regional dan internasional," kata Kishida dalam pertemuan tersebut, dan menambahkan bahwa ia "menantikan untuk bekerja sama lebih erat" dengan Prabowo.

Melansir Nikkei Asia, sementara itu, Prabowo mengatakan, "kami akan memajukan kerja sama lebih lanjut dan melakukan perbaikan di berbagai bidang termasuk pertahanan, manufaktur, industri, dan ekonomi."

Kunjungan Prabowo dipandang oleh para ahli sebagai bagian dari upayanya untuk mencapai keseimbangan diplomatik antara China dan Jepang.

"Pesan Prabowo adalah bahwa ia melihat Jepang sebagai mitra yang sama pentingnya dengan China," kata Jun Honna, seorang profesor di Universitas Ritsumeikan Jepang dan pakar politik Indonesia.