Logo Bloomberg Technoz

Mata uang Turki berkinerja terburuk di antara mata uang-mata uang negara berkembang lainnya bulan lalu, dengan penurunan sebesar 3,2% terhadap dolar AS.

Turki rentan terhadap perubahan kebijakan setelah Pemilu. Namun, Erdogan kali ini mengesampingkan kekhawatiran akan mundur dari langkah-langkah ortodoks dan menegaskan kembali dukungan untuk tim ekonominya meskipun ia kalah. Hal ini kemungkinan besar menandakan kelanjutan dari biaya pinjaman yang lebih tinggi dan kebijakan fiskal yang lebih ketat untuk menjinakkan inflasi.

Gubernur Bank Sentral Fatih Karahan mengatakan kepada Asosiasi Bank pada Senin bahwa kebijakan yang ketat akan dipertahankan, sementara lira melonjak terhadap dolar. Perusahaan-perusahaan seperti Goldman Sachs Group Inc dan Deutsche Bank AG memperkirakan bahwa performa mata uang ini akan membaik.

Apa yang dikatakan oleh Bloomberg Economics...

"Kenaikan harga kemungkinan akan terus berlanjut, mencapai puncaknya sebesar 73% di Mei. Proses perlambatan yang berlarut-larut akan terjadi, membawa inflasi ke 43% pada akhir tahun, sebagian karena efek dasar yang menguntungkan.

Risiko inflasi condong ke sisi atas, terutama pada potensi revisi jadwal pajak dan biaya pemerintah setelah pemungutan suara lokal pada 31 Maret, depresiasi lira yang lebih cepat, atau eskalasi perang Timur Tengah."

- Selva Bahar Baziki, ekonom.

Di tengah inflasi Februari yang lebih buruk dari perkiraan dan lira yang rentan terhadap aksi jual, bank sentral Turki mengejutkan pasar dengan kenaikan suku bunga 500 bps bulan lalu, menaikkan suku bunga acuan menjadi 50%, tertinggi dalam beberapa dekade.

Dalam risalah kebijakan terbarunya, bank sentral menarik perhatian pada inflasi sewa yang tinggi, harga-harga jasa dan makanan yang tinggi, dikombinasikan dengan kenaikan upah minimum yang tinggi di awal tahun.

"Kebijakan fiskal akan memainkan peran penting dalam mengatasi tekanan-tekanan inflasi dan mendorong penyeimbangan kembali perekonomian," kata analis Deutsche Bank, Yigit Onay dan Christian Wietoska.

"Potensi penyesuaian harga-harga yang diatur pemerintah, seperti tarif listrik dan gas alam untuk rumah tangga, usaha-usaha konsolidasi fiskal, dan kebijakan-kebijakan pendapatan, akan secara signifikan memengaruhi jalur inflasi," kata mereka, dengan perkiraan inflasi akhir tahun berkisar di 45%.

Bank sentral memperkirakan inflasi akan mencapai 36% di akhir tahun.

(bbn)

No more pages