Logo Bloomberg Technoz

Hari ini merupakan masa ex dividen atas saham BBRI pada pasar reguler dan pasar negosiasi. Sedangkan cum dividen pada pasar reguler dan pasar negosiasi telah terlaksana kemarin, Rabu 13 Maret 2024.

Sebagaimana diketahui, masa cum dividen atau cum date sudah terlewat. Hal ini memicu aksi jual masif saham BBRI oleh investor pada satu hari berselang, yaitu pada masa ex dividen.

Sebagai gambaran, cum dividen merupakan waktu terakhir bagi investor yang ingin membeli suatu saham, sekaligus berhak atas dividen atau bagi hasil suatu Perusahaan.

Menariknya, dengan harga saham BBRI pada level Rp6.400/saham pada penutupan perdagangan saat cum dividen kemarin, maka Dividend Yield yang akan diterima investor mencapai 3,67%. 

Bank BRI membagikan dividen tunai kepada pemegang saham sebesar Rp48,1 triliun yang setara dengan Dividend Payout Ratio kurang lebih 80,04% dari laba bersih tahun buku 2023.

Adapun dividen yang dibagikan BRI tersebut mengalami peningkatan sebesar 10,59% dibandingkan dengan nominal yang dibayarkan pada tahun 2023 sebesar Rp43,49 triliun.

Pembagian dividen atas perolehan tersebut akan berlangsung pada 28 Maret mendatang, bersamaan dengan jadwal sebelumnya adalah penetapan Daftar Pemegang Saham yang berhak atas dividen tunai pada 15 Maret 2024 pukul 16:00 WIB. 

Sementara ex dividen saham BBRI pada pasar reguler dan negosiasi pada 14 Maret (Hari Ini), dan ex dividen pada pasar tunai 18 Maret. Untuk cum dividen pada pasar tunai pada 15 Maret.

(fad/wep)

No more pages