Logo Bloomberg Technoz

Ini Sosok Pemilik The Body Shop yang Bangkrut

Redaksi
14 March 2024 15:00

The Body Shop
The Body Shop

Bloomberg Technoz, Jakarta - Perusahaan kosmetik The Body Shop menghentikan seluruh operasinya di Amerika Serikat setelah anak usahanya di negara itu mengajukan kebangkrutan. Pengajuan kebangkrutan sendiri sudah disampaikan ke pihak terkait pada awal Maret 2024.

Perusahaan menyatakan bahwa inflasi tinggi di Negeri Paman Sam dalam beberapa tahun terakhir menjadi penyebab kebangkrutan ini. Akibatnya, banyak pelanggan kelas menengah mengurangi pembelian kosmetik. Siapa sebenarnya pemilik The Body Shop yang bangkrut di Amerika Serikat sehingga menutup seluruh gerainya?

Menurut situs web resmi perusahaan, The Body Shop didirikan oleh Dame Anita Roddick, aktivis hak asasi manusia dan lingkungan hidup, di Inggris Raya pada tahun 1976. Ini adalah salah satu perusahaan pertama yang melarang pengujian hewan pada produknya dan beralih ke penggunaan bahan-bahan alami yang lebih ramah lingkungan.

Lebih dari 40 tahun yang lalu, metode seperti ini merupakan hal yang baru untuk industri kosmetik global. Namun, Roddick percaya bahwa tindakan yang diambil tokonya sangat penting mengingat bagaimana sebuah bisnis atau industri dapat memberikan dampak sosial yang signifikan.

Roddick berkata, sebagaimana dikutip dari situs resmi perusahaan pada Kamis (12/3/2024), "bisnis membentuk dunia. Ia mampu mengubah masyarakat dengan cara apa pun yang dapat Anda bayangkan."