Logo Bloomberg Technoz

Seorang pejabat AS mengatakan kepada Al Arabiya English bahwa Washington memiliki banyak saluran untuk menyampaikan pesan kepada Iran.

"Kami tidak akan mengomentari rincian komunikasi kami dengan Iran, selain mengatakan bahwa sejak 7 Oktober, semuanya difokuskan pada peningkatan berbagai ancaman yang berasal dari Iran dan perlunya Iran menghentikan eskalasi di seluruh dunia," kata pejabat tersebut.

Mengenai pengaruh Iran terhadap Houthi, seorang pejabat Iran dikutip mengatakan kepada FT bahwa "Iran telah berulang kali mengatakan bahwa mereka hanya memiliki pengaruh spiritual [terhadap pemberontak]. Mereka tidak bisa mendikte Houthi, tapi mereka bisa bernegosiasi dan berbicara."

Senjata-senjata Iran yang ditujukan untuk Houthi telah dicegat beberapa kali oleh militer AS dan Eropa. Iran mengklaim bahwa mereka tidak terlibat.

Pejabat Iran tersebut juga mengatakan kepada FT bahwa komandan Pasukan Quds IRGC, Esmail Qaani, pergi ke Baghdad bulan lalu, sebuah perjalanan yang telah dilaporkan secara luas.

Namun, selama perjalanan itu, Qaani mengatakan kepada milisi Irak yang didukung Iran untuk "mengatur perilaku mereka dengan cara yang tidak memungkinkan Amerika untuk melibatkan Iran," menurut pejabat Iran tersebut.

(ros)

No more pages