Logo Bloomberg Technoz

Toyota berada di tengah-tengah jaringan produsen dan pemasok mobil yang mempekerjakan lebih dari 5 juta orang di seluruh nusantara, menjadikannya sebagai penunjuk arah bagi perekonomian dan tren gaji di antara perusahaan-perusahaan besar.

Kenaikan yang lebih kuat dari tahun lalu untuk Toyota menambah bukti bahwa Jepang semakin dekat dengan siklus kenaikan upah dan harga yang baik yang ditekankan oleh Gubernur Bank of Japan Kazuo Ueda yang diperlukan untuk perubahan kebijakan.

Jepang (Dok: Bloomberg)

Pembicaraan antara produsen mobil dan serikat pekerja merupakan bagian dari negosiasi upah musim semi tahunan yang lebih luas di negara ini, dengan pemerintah Perdana Menteri Fumio Kishida menyerukan pertumbuhan upah yang melebihi inflasi.

Honda Motor Co Ltd dan Mazda Motor Corp juga mengumumkan bulan lalu bahwa mereka akan menaikkan upah dari tahun sebelumnya. Honda setuju untuk menaikkan upah sebesar 5,6% dan Mazda akan menaikkan upah sebesar 6,8%.

Nissan Motor Co memenuhi permintaan serikat pekerjanya untuk menaikkan kompensasi sebesar 5%. "Kami mencapai kesepakatan untuk menghargai upaya karyawan terhadap keuntungan Nissan di tengah lingkungan bisnis yang sulit," kata Makoto Uchida, CEO Nissan, dalam sebuah pengarahan, mengacu pada target penjualan yang diturunkan oleh produsen mobil ini.

Rengo, serikat pekerja terbesar di Jepang, akan mengumumkan penghitungan pertama dari kesepakatan gaji akhir pekan ini, memberikan beberapa indikasi hasil sebelum pertemuan kebijakan BOJ berikutnya beberapa hari setelahnya. Kelompok perundingan kolektif ini menuntut kenaikan upah rata-rata sebesar 5,85%, kenaikan gaji terbesar sejak 1993.

Meskipun upah meningkat, mereka belum bisa mengimbangi kenaikan inflasi yang juga membebani pengeluaran rumah tangga dan bisnis. Data pertumbuhan yang direvisi menarik ekonomi keluar dari resesi dalam tiga bulan terakhir tahun 2023, tetapi komponen belanja konsumen dari laporan tersebut direvisi lebih rendah.

Para produsen menghadapi proposal agresif dari serikat pekerja tahun ini karena kekurangan tenaga kerja yang kronis di Jepang memberikan para pekerja pengaruh untuk menuntut kenaikan upah yang melebihi pertumbuhan harga. Di antara tuntutannya, serikat pekerja Toyota meminta bonus setara dengan 7,6 bulan gaji bulan lalu.

Para ekonom memperkirakan hasil negosiasi antara perusahaan dan serikat pekerja akan menunjukkan pertumbuhan upah yang lebih kuat daripada tahun lalu. Hal ini akan membuka jalan bagi BOJ untuk mengakhiri rezim suku bunga negatif terakhir di dunia pada April, menurut mayoritas ekonom dalam survei Bloomberg.

(bbn)

No more pages