Logo Bloomberg Technoz

Toyota Penuhi Tuntutan Serikat, Upah Karyawan Bakal Naik

News
13 March 2024 17:10

Stan Toyota Motor Corp. saat Japan Mobility Show di Tokyo, Jepang, Rabu (25/10/2023). (Noriko Hayashi/Bloomberg)
Stan Toyota Motor Corp. saat Japan Mobility Show di Tokyo, Jepang, Rabu (25/10/2023). (Noriko Hayashi/Bloomberg)

Tsuyoshi Inajima dan Mia Glass - Bloomberg News

Bloomberg, Toyota Motor Corp memenuhi tuntutan serikat pekerjanya untuk kenaikan gaji dan bonus secara penuh selama empat tahun berturut-turut. Ini tanda lain bahwa siklus upah-harga yang berkelanjutan mungkin mulai berlaku di ekonomi Jepang karena bank sentral mempertimbangkan waktu kenaikan suku bunga yang telah lama ditunggu-tunggu.

Yen menguat dan obligasi berjangka pemerintah Jepang turun setelah laporan awal bahwa produsen mobil terbesar di dunia ini mencapai kesepakatan dengan serikat pekerja pada Rabu.

Meskipun serikat pekerja tidak mengungkapkan angka pasti untuk kenaikan upah dan bonus, Chief Human Resources Officer Toyota Takanori Azuma mengatakan bahwa angka-angka tersebut berada pada level tertinggi yang pernah ada.

"Keuntungan kami saat ini berada pada tingkat yang tinggi, dan ini dimungkinkan bukan hanya karena kami, tetapi juga para pemasok dan diler kami," kata Azuma dalam sebuah pengarahan. "Sebagai hasilnya, kami bekerja untuk meningkatkan lingkungan kerja yang lebih baik bagi para pemasok dan diler kami secara paralel."