Logo Bloomberg Technoz

PM Haiti Henry Mundur di Tengah Kekerasan yang Meningkat

News
12 March 2024 20:00

Kerusuhan di Haiti. (Sumber: Bloomberg)
Kerusuhan di Haiti. (Sumber: Bloomberg)

Jim Wyss - Bloomberg News

Bloomberg, Perdana Menteri Haiti Ariel Henry mengundurkan diri, yang berpotensi memicu perebutan kekuasaan yang dapat berdampak luas bagi negara termiskin di dunia dan Amerika Serikat (AS).

Pengunduran diri Henry akan efektif setelah pembentukan dewan transisi yang akan menunjuk perdana menteri sementara dan mempersiapkan pemilihan umum, menurut Presiden Guyana Irfaan Ali. Dia adalah ketua Caricom saat ini, sebuah badan regional Karibia yang telah mengadakan pertemuan untuk mencari penyelesaian krisis di Haiti.

"Warga Haiti layak mendapatkan negara di mana anak-anak dapat pergi ke sekolah dan orang tua mereka tahu bahwa mereka akan aman," kata Ali dalam sebuah konferensi pers pada Senin malam. "Kami memohon kepada semua pihak, semua pemangku kepentingan, semua warga Haiti untuk bersabar."

Henry, yang meninggalkan Haiti pada 25 Februari untuk membangun dukungan bagi pasukan keamanan multinasional yang dipimpin oleh Kenya, tidak dapat kembali ke negara itu, karena gerombolan orang telah menyerang ibu kota dan menutup bandara utama.