Logo Bloomberg Technoz

Pemerintahan Biden telah meminta Henry untuk mendukung transisi kekuasaan seiring dengan memburuknya situasi. Akhir pekan lalu, gerombolan-gerombolan membakar Kementerian Dalam Negeri dalam semalam dan menyerang kantor-kantor polisi dan kantor-kantor pemerintah di ibu kota.

Menteri Luar Negeri Antony Blinken berpartisipasi dalam pertemuan dengan Caricom di Jamaika pada Senin, menyampaikan janji tambahan US$100 juta dari AS untuk pasukan penjaga perdamaian multinasional yang sedang menunggu untuk dikirim ke Haiti.

Washington sebelumnya berusaha untuk mendukung Henry dalam waktu yang cukup lama untuk menyerukan Pemilu baru. Namun, posisi tersebut mendapat tantangan dalam beberapa minggu terakhir, ketika geng-geng mengosongkan penjara, membakar kantor polisi, dan mengepung bandara internasional. Lebih dari 1.200 orang telah dibunuh pada tahun 2024, dan PBB memperkirakan bahwa sekitar setengah dari populasi akan kelaparan.

Henry meninggalkan Haiti pada 25 Februari untuk bertemu dengan para pemimpin Karibia di Guyana dan membuat kesepakatan di Kenya yang akan membuka pintu bagi pasukan keamanan yang didukung PBB. Sejak saat itu, dia tidak dapat kembali ke rumah. Pesawat yang ditumpanginya tidak diizinkan masuk ke Republik Dominika--yang berbagi pulau Hispaniola dengan Haiti.

Dengan ketidakhadiran Perdana Menteri, kekuatan-kekuatan lain mulai mencoba mengisi kekosongan tersebut. Salah satu aliansi politik baru melibatkan mantan polisi Guy Philippe dan mantan kandidat presiden dan senator Moise Jean Charles. Philippe berada di balik kudeta tahun 2004 dan menghabiskan beberapa tahun di penjara AS atas tuduhan pencucian uang.

Selain itu, Jimmy "Barbecue" Cherizier, mantan polisi yang menjadi pemimpin geng, memperingatkan bahwa jika Henry kembali, maka akan terjadi "perang saudara" dan "genosida". Meskipun geng telah ada di Haiti selama beberapa dekade, mereka tumbuh kuat di tengah keterlibatan pemerintah dan sektor swasta. Saat ini, mereka menguasai sekitar 80% ibu kota Port-au-Prince dan sebagian besar wilayah pedesaan.

Aliansi Cherizier mengklaim memiliki 1.000 anggota, yang sebagian besar terdiri dari mantan polisi, petugas keamanan, dan anak-anak.

Orang-orang yang telah didakwa, dituduh atau dihukum di yurisdiksi mana pun tidak akan dapat berpartisipasi dalam transisi politik, kata Ali. Hal ini secara efektif mengesampingkan Philippe, yang telah mengatakan bahwa ia memiliki aspirasi untuk mencalonkan diri untuk jabatan yang lebih tinggi.

Henry naik ke tampuk kekuasaan setelah pembunuhan Presiden Jovenel Moise pada tahun 2021. Meskipun ia mendapat dukungan internasional, di Haiti ia sering dipandang sebagai otokrat yang tidak terpilih yang menggunakan kekerasan geng sebagai alasan untuk terus menunda pemilu.

Terlepas dari ketidakpopulerannya, Washington, PBB, dan pihak-pihak lain mendukungnya, menggagalkan upaya-upaya lain untuk membangun pemerintahan koalisi.

AS telah memberikan lebih dari US$5,5 miliar kepada Haiti sejak tahun 2010. Janji bantuan sebesar US$100 juta minggu ini menjadikan total komitmen AS untuk membiayai misi perdamaian yang dipimpin oleh Kenya menjadi US$300 juta.

(bbn)

No more pages