Logo Bloomberg Technoz

Sudah Siap 73%, IKN Akan Jadi Tuan Rumah Upacara HUT Ke-79 RI

Pramesti Regita Cindy
07 March 2024 15:30

Presiden Jokowi Tinjau Perkembangan Pembangunan Lapangan Upacara di IKN, IKN, 29 Februari 2024 (Sumber: YouTube Setpres)
Presiden Jokowi Tinjau Perkembangan Pembangunan Lapangan Upacara di IKN, IKN, 29 Februari 2024 (Sumber: YouTube Setpres)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Deputi Bidang Pendanaan dan Investasi Otoritas Ibu Kota Nusantara (OIKN) Agung Wicaksono menyebut saat ini progres pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara tahap pertama telah mencapai 73%, termasuk untuk proyek istana kepresidenan, infrastruktur dasar, hingga kantor kementerian-kementerian koordinator.

Hal tersebut disampaikan oleh Agung dalam kegiatan penjajakan minat pasar (market sounding) dalam rangka Proyek Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha Ibu Kota Nusantara Sektor Perumahan di Jakarta, Kamis (7/3/2024).

"Pada hari ini program pembangunan IKN tahap pertama 73%, istana, infrastruktur kantor-kantor kemenko. Kalau ditanya 17 Agustus akan terwujud? Iya. Dengan upacara 17 Agustus di IKN jadi pertama kalinya upacara kemerdekaan di Ibu Kota yang dibangun bukan oleh kolonial, dibangun oleh bangsa Indonesia," kata Agung.

Tidak hanya itu, Agung turut menyakini bahwa sebagian hunian untuk ASN dan TNI/Polri akan rampung. Dengan demikian, ASN dan TNI/Polri bisa menempati hunian tersebut untuk menghadiri upacara 17 Agustus 2024.

"Hunian ASN dan TNI/Polri skema APBN, pada tahun ini 47 tower dan pada Agustus akan tersedia 12 tower masing-masing tower 60 unit. Ditargetkan Agustus jadi tempat para peserta upacara ASN dan TNI/Polri yang akan mengikuti upacara. Setelah itu perpindahan ASN akan dilakukan secara bertahap," jelas Agung.