Logo Bloomberg Technoz

Menanti Testimoni Jerome Powell, The Fed di Bawah Tekanan

News
06 March 2024 09:10

Jerome Powell, Ketua the Fed (Dok: Bloomberg)
Jerome Powell, Ketua the Fed (Dok: Bloomberg)

Catarina Saraiva dan Steven T. Dennis - Bloomberg News

Bloomberg, Jerome Powell menghadapi tekanan yang meningkat minggu ini dari Partai Demokrat yang menginginkan penurunan suku bunga untuk menjaga agar ekonomi tetap berjalan lancar di tahun pemilu. Sementara Partai Republik ingin dia membatalkan rencana untuk meningkatkan modal bank.

Gubernur Bank Sentral AS atau Federal Reserve (The Fed) tersebut akan menuju Capitol Hill pada Rabu dan Kamis untuk memberikan testimoni setiap enam bulan sekali di depan Kongres, dua tahun setelah bank sentral memulai perang agresifnya melawan lonjakan inflasi. Dengan ekonomi yang tumbuh kuat dan inflasi mendekati titik ideal The Fed, Powell akan menjelaskan mengapa para pejabat tidak terburu-buru menurunkan suku bunga.

Sementara itu, beberapa anggota Partai Demokrat yang selama ini berusaha menghindari intimidasi terhadap The Fed mulai tidak sabar.

"Tekanan biasanya datang dari satu sisi atau sisi lainnya, dan kali ini mungkin akan datang dari Demokrat karena The Fed bersikap lebih hawkish tahun ini," kata Marc Sumerlin, pendiri Evenflow Macro di Washington. "Mereka tidak ingin ekonomi terpuruk secara tidak sengaja karena jika terjadi, itu terjadi dengan cepat. Bagi Partai Demokrat, itu adalah risiko besar."