Logo Bloomberg Technoz

Quo Vadis ‘Ijon’ IUPK Freeport Indonesia?

Redaksi
04 March 2024 12:30

Aktivitas di tambang Grasberg PT Freeport Indonesia./Dadang Tri/Bloomberg
Aktivitas di tambang Grasberg PT Freeport Indonesia./Dadang Tri/Bloomberg

Bloomberg Technoz, Jakarta - Medio November 2023, publik dan pemerhati industri pertambangan cukup dikejutkan dengan unggahan Presiden Joko Widodo di akun resmi Instagramnya ihwal pertemuan dengan CEO Freeport McMoRan Inc Richard Adkerson di Hotel Waldorf Astoria, Washington DC, Amerika Serikat (AS).

Jokowi saat itu mengonfirmasi negosiasi untuk menambah lagi porsi saham pemerintah di PT Freeport Indonesia (PTFI) sebesar 10% sudah mencapai tahap akhir. Dengan demikian, jatah saham RI di Freeport akan segera naik menjadi 61,2%.

Tidak hanya itu, Kepala Negara juga menyebut lobi-lobi perpanjangan izin usaha pertambangan khusus (IUPK) PTFI selama 20 tahun juga sudah masuk tahap lanjut.

“Dalam pertemuan tadi, dibahas juga mengenai hilirisasi yang dilakukan oleh Freeport. Saat ini Freeport tidak hanya melakukan penambangan emas dan tembaga saja, tetapi telah membangun smelter untuk mengolahnya,” tutur Jokowi melalui akun Instagramnya, Selasa (14/11/2023).

Presiden Jokowi menerima Chairman Freeport McMoRan, Ricard Adkerson di Hotel Waldorf Astoria, AS, Senin (13/11/2023). (BPMI Setpres/Laily Rachev)

Dia menggarisbawahi Freeport Indonesia pun menunjukkan komitmennya untuk membangun smelter baru di lokasi lain di Indonesia, tidak hanya di Manyar, Gresik, Jawa Timur; tetapi juga di Kabupaten Fakfak, Papua Barat.