Logo Bloomberg Technoz

“Peningkatan ini salah satunya berkat kesuksesan program bantuan pemerintah untuk pembelian kendaraan bermotor listrik berbasis baterai [KBLBB] roda dua,” ujarnya.  

Sementara itu populasi KBLBB roda 4 di Indonesia pada 2023 adalah sebanyak 12.248 unit. Angka ini meningkat sebesar 43% dibandingkan dengan 2022 yang berjumlah 8.562 unit.

Hendro mengatakan, meskipun pemerintah telah memberikan berbagai program insentif, penambahan ini dinilai belum cukup untuk meningkatkan popularisasi KBLBB.

Dengan demikian, pemerintah mengeluarkan program insentif baru yakni program insentif bea masuk dan Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) untuk impor completely built up (CBU) dan impor completely knocked down (CKD) dengan nilai tingkat komponen dalam negeri (TKDN) sesuai dengan yang ditetapkan.

“Pemerintah mengeluarkan program insentif baru yaitu program insentif bea masuk dan PPnBM untuk CBU dan CKD dengan nilai TKDN dibawah persyaratan roadmap, dan penyesuaian Spesifikasi, Peta Jalan Pengembangan, dan Ketentuan Penghitungan Tingkat Komponen Dalam Negeri Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai,” terangnya.

(dov/wdh)

No more pages