Logo Bloomberg Technoz

AS Didesak Bujuk Israel Setujui Berdirinya Negara Palestina

News
01 March 2024 12:00

Presiden AS Joe Biden. (Dok: Bloomberg)
Presiden AS Joe Biden. (Dok: Bloomberg)

Sam Dagher - Bloomberg News

Bloomberg, Persekutuan negara-negara Arab yang dipimpin Arab Saudi mendesak AS dan sekutu untuk membujuk Israel agar mempertimbangkan rencana baru terkait negara Palestina. Menurut mereka, rencana ini akan mengurangi ketegangan di Timur Tengah.

Sejumlah sumber yang merupakan pejabat-pejabat dari negara Arab yang terlibat dalam penyusunan proposal mengatakan meskipun ada banyak rintangan, termasuk perang Israel-Hamas, persekutuan negara Arab tersebut melihat potensi gencajatan senjata permanen dan membuka jalan bagi perundingan baru. Selain Arab Saudi, aliansi tersebut juga meliputi Mesir, Yordania, Qatar, dan Uni Emirat Arab.

Banyak negara Eropa yang menyepakati proposal tersebut, meskipun AS berbeda pendapat. 

Proposal dari negara-negara Arab tersebut diajukan ketika para negosiator dari AS, Mesir, dan Qatar berupaya menjamin terjadinya jeda perang sementara dan pembebasan sandera. Namun menurut Presiden AS Joe Biden mengatakan pada para wartawan di Gedung Putih, bahwa inisiatif tersebut menjadi rumit ketika ratusan warga Palestina tewas dan terluka setelah tentara Israel menembaki warga yang sedang mengerumuni truk berisi bantuan kemanusiaan.