Logo Bloomberg Technoz

Israel Tembaki Warga Gaza yang Serbu Truk Bantuan, Ratusan Tewas

News
01 March 2024 07:00

Jenazah warga Palestina yang tewas usai serangan Israel di kamp Maghazi di RS Martir Al-Aqsa, Gaza tengah, Senin (25/12/2023). (Ahmad Salem/Bloomberg)
Jenazah warga Palestina yang tewas usai serangan Israel di kamp Maghazi di RS Martir Al-Aqsa, Gaza tengah, Senin (25/12/2023). (Ahmad Salem/Bloomberg)

Ethan Bronner dan Fares Akram - Bloomberg News

Bloomberg, Ratusan warga Palestina tewas dan terluka pada Kamis (29/2) ketika pasukan Israel melepaskan tembakan di dekat konvoi truk makanan yang berusaha memberikan bantuan kemanusiaan kepada warga di Gaza utara.

Israel membantah pasukannya menembak kerumunan tersebut. Pihaknya mengatakan sebagian besar korban terinjak atau tertabrak ketika truk berusaha melarikan diri dari insiden tersebut. Kejadian tersebut saat ini masih dalam tinjauan. Namun menurut Associated Press, para dokter dan sejumlah saksi mengatakan banyak luka tembak di antara korban tewas dan terluka.

Presiden AS Joe Biden memperingatkan insiden mematikan ini semakin mengancam terhambatnya negosiasi gencatan senjata. Pembicaraan yang dipimpin oleh AS, Qatar, dan Mesir saat ini sedang berlangsung untuk menentukan kapan jeda perang selanjutnya yang memungkinkan lebih banyak bantuan diberikan kepada warga Gaza, serta pertukaran sandera Hamas dengan tahanan Palestina yang ditangkap Israel.

Ketegangan ini terjadi ketika perang Israel dengan Hamas mendekati akhir bulan kelima. Serangan Israel di Gaza telah menewaskan lebih dari 30.000 orang.