Logo Bloomberg Technoz

PM Thailand Bertemu Thaksin di Tengah 'Gangguan' Pemerintahannya

News
25 February 2024 11:00

Thaksin Shinawatra, Mantan Perdana Menteri Thailand (Munshi Ahmed/Bloomberg)
Thaksin Shinawatra, Mantan Perdana Menteri Thailand (Munshi Ahmed/Bloomberg)

Patpicha Tanakasempipat - Bloomberg News

Bloomberg, Perdana Menteri Thailand Srettha Thavisin mengunjungi Thaksin Shinawatra untuk pertama kalinya setelah mantan perdana menteri tersebut dibebaskan dari tahanan, seiring berkembangnya spekulasi mengenai pengaruh pemimpin senior tersebut dalam pemerintahan dan perannya dalam politik Thailand.

Srettha makan siang dengan Thaksin pada hari Sabtu (24/2/2024), dan keduanya membahas kesehatannya, kata Srettha kepada wartawan di luar kediaman keluarga Shinawatra di Bangkok. Ini adalah pertemuan penting pertama Thaksin dengan seorang politisi Thailand sejak dibebaskan bersyarat pada 18 Februari 2024.

Pertemuan tersebut terjadi ketika beredar spekulasi bahwa kekuasaan Srettha mungkin dirusak oleh politisi yang lebih berpengaruh. Thaksin, 74 tahun, dipandang sebagai pemimpin de facto Partai Pheu Thai yang berkuasa, yang sebelumnya dipimpin oleh saudara perempuannya Yingluck Shinawatra sebelum kudeta pada tahun 2014. Putrinya Paetongtarn Shinawatra sekarang memimpin partai tersebut, dan beberapa menteri di kabinet Srettha masih tetap menjabat, setia kepada Thaksin.

“Dia tidak mengkritik pekerjaan saya, tidak. Dia hanya memberikan dukungan moral,” kata Srettha. Awal bulan ini, ia mendesak masyarakat Thailand untuk meyakini bahwa hanya ada satu perdana menteri di Thailand. “Kami tidak membahas peran masa depannya di pemerintahan. Hari ini fokusnya harus pada kesehatannya.”