Logo Bloomberg Technoz

RI Urutan Tertinggi Ketiga Gangguan Penglihatan Terburuk di Dunia

Dinda Decembria
24 February 2024 21:00

Ilustrasi mata. (Envato/Prostock-studio)
Ilustrasi mata. (Envato/Prostock-studio)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Menteri Kesehatan Budi Gunawan Sadikin berharap Kongres Dokter Mata se-ASIA PACIFIC atau The 39th Asia Pacific Academy of Ophthalmology (APAO) Congress dapat memberi pengetahuan baru terkait perawatan mata. Diketahui, Indonesia berada di peringkat ketiga dunia dengan jumlah penderita gangguan penglihatan terbanyak.

Berdasarkan data WHO dalam laporan yang dirilis pada Hari Penglihatan Sedunia 2019, sekitar 2,2 miliar warga dunia mengalami gangguan penglihatan atau kebutaan. Sebanyak 50% dari angka tersebut mengalami kebutaan total.

Indonesia menempati peringkat ketiga dunia untuk jumlah warga dengan penglihatan terburuk, setelah India dan China.

"Ada begitu banyak konten kaya di dalam [Kongres APAO]. Saya yakin Anda dapat kembali ke negara Anda dengan pengetahuan dan wawasan baru, serta pengalaman terkait perawatan mata dari orang lain," ungkap Budi berdasarkan rilis yang diterima, setelah menghadiri kongres tersebut di Bali.

Sebagai akademi oftalmologi regional, APAO mengadakan berbagai kegiatan pendidikan dan ilmiah, seperti konferensi, seminar, lokakarya, dan pelatihan. Kegiatan-kegiatan itu untuk memfasilitasi pertukaran pengetahuan dan pengalaman di antara para praktisi mata di Asia-Pasifik.