Logo Bloomberg Technoz

IIMS 2024

Kemenperin Bakal Atur Standardisasi Baterai Motor Listrik

Dovana Hasiana
15 February 2024 14:02

Mekanik mengambil batre untuk motor listrik di Jakarta, Senin (6/3/2023). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)
Mekanik mengambil batre untuk motor listrik di Jakarta, Senin (6/3/2023). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Menteri Perindustrian Agus Gumiwang mengatakan pemerintah akan segera mempublikasikan konsep standardisasi baterai untuk motor listrik di Indonesia. 

Kemenperin melibatkan PT PLN (Persero) dan pelaku usaha dalam penyusunan konsep standarisasi tersebut. 

“[Standardisasi baterai untuk] motor akan segera kita launch konsepnya. Jadi artinya nanti akan ada tripartit antara Kemenperin, PLN, dan pelaku usaha, dan itu konsepnya seperti apa kesepahamannya bahwa harus ada standardisasi baterai,” ujar Agus saat ditemui usai membuka Indonesia International Motor Show (IIMS) 2024 di JIExpo Kemayoran, Kamis (15/12/2024).

Agus tidak menjelaskan dengan lengkap perihal kapan Kemenperin bakal menerbitkan konsep standardisasi baterai untuk motor listrik di Indonesia tersebut. 

Namun, Agus memastikan Kemenperin bersama dengan PLN dan pelaku usaha bakal menandatangani nota kesepahaman atau memorandum of understanding (MoU) mengenai standardisasi tersebut pada kuartal II-2024.
 
“Kita akan mencoba menandatangani MoU itu kuartal ke-2 tahun ini. Tadi saya juga ketemu Pak Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo,” ujarnya.