Logo Bloomberg Technoz

Arah Bisnis PTFI di Indonesia Setelah Freeport-McMoRan Ganti CEO

Sultan Ibnu Affan
13 February 2024 15:50

Papan nama Freeport-McMoRan Inc. di lantai New York Stock Exchange (NYSE)./Bloomberg-Michael Nagle
Papan nama Freeport-McMoRan Inc. di lantai New York Stock Exchange (NYSE)./Bloomberg-Michael Nagle

Bloomberg Technoz, Jakarta – PT Freeport Indonesia (PTFI) merespons pergantian Chief Executive Officer (CEO) Freeport-McMoRan Inc (FCX), sebagai induk usahanya yang dilakukan pada pada pekan lalu.

FCX sebelumnya resmi mengumumkan Kathleen Quirk menjadi CEO-nya, menggantikan Richard Adkerson pada Selasa (6/2/2024) waktu setempat. Penunjukkan itu akan efektif dalam rapat umum pemegang saham tahunan perseroan yang diselenggarakan pada 11 Juni 2024.

Executive Vice President External Affairs PTFI Agung Laksamana mengatakan perseroan menyambut baik penunjukkan Kathleen sebagai CEO baru raksasa tambang Amerika Serikat (AS) itu.

"PTFI sendiri tentunya konsisten/kontinyu dengan target-target yang sudah dicanangkan serta optimalisasi bisnis ke depan, dan  pergantian ini tidak berdampak pada PTFI," ujar Agung kepada Bloomberg Technoz, Selasa (13/2/2024).

Kathleen sendiri merupakan sosok yang telah malang melintang di perusahaan. Sejak bergabung pada 1989, Quirk dinilai cocok meneruskan misi perusahaan dan juga telah paham dengan seluk-beluk bisnis perseroan dalam bidang pertambangan.