Logo Bloomberg Technoz

Ekonom Ramal BI Paling Awal Pangkas Suku Bunga di Asean

Azura Yumna Ramadani Purnama
07 February 2024 10:48

Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo saat pengumuman Hasil Rapat Dewan Gubernur (RDG) Bulanan Bulan Januari 2024. (Bloomberg Tehnoz/Azura Yumna)
Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo saat pengumuman Hasil Rapat Dewan Gubernur (RDG) Bulanan Bulan Januari 2024. (Bloomberg Tehnoz/Azura Yumna)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Ekonom Bloomberg Tamara Mast Henderson memperkirakan Bank Indonesia (BI) akan menjadi bank sentral pertama di kawasan Asia Tenggara yang akan memangkas suku bunga acuan. Namun, ia menegaskan, kebijakan memangkas suku bunga akan tetap dilakukan setelah bank sentral Amerika Serikat (AS) Federal Reserve menurunkan suku bunga fed fund rate (FFR).

“Kami memperkirakan BI akan menjadi salah satu bank sentral pertama di kawasan ini yang memangkas suku bunga, tapi tidak sebelum bank sentral (The Fed),” kata Tamara dalam acara Bloomberg Technoz Economic Outlook 2024 di Hotel Westin, Jakarta, Rabu (7/2/2024).

Tak hanya itu, ia juga memprediksi BI akan melakukan pemangkasan suku bunga dengan tingkat dan frekuensi yang berbeda-beda. 

Sebelumnya, ia juga menjelaskan beberapa kondisi yang terjadi di Indonesia, seperti Pemilihan Umum (Pemilu) dan perlambatan global menjadi faktor yang dapat membatasi pertumbuhan ekonomi Indonesia.

“Namun menurut pandangan kami, pertumbuhan ini seharusnya lebih kuat dari kebanyakan pertumbuhan ekonomi lainnya, hal ini berbeda dengan perkiraan konsensus. Inflasi inti harus tetap berada pada bank, kisaran target baru Indonesia,” terangnya.