Logo Bloomberg Technoz

"Nanti akan ada pembahasan bagaimana produk tembaga dan emas yang akan dikembangkan setelah selesainya smelter di gresik oleh Freeport dan di Nusa Tenggara Barat oleh Amman Mineral, yang akan merubah produk tembaga kita dari konsentrat tembaga ke katoda tembaga secara keseluruhan dan dari anodanya akan menghasilkan emas," ujarnya.

Kedua, industri yang berkaitan dengan energi matahari, baik baterai maupun panel surya. Industri ini  membutuhkan kuarsa yang kualitasnya ditingkatkan, sehingga bisa membentuk komponen-komponen atau ekosistem di dalam industri energi solar.

"Ketiga, industri strategis yang menjadi perhatian pemerintah dalam konsumsi mineral strategis dan kritis adalah untuk industri pertahanan dan kesehatan," kata Irwandy.

Guna mendukung ketiga industri strategis tersebut, Irwandy juga memaparkan kebijakan pertambangan terkait dengan mineral kritis dan mineral strategis ke depan, di antaranya peningkatan eksplorasi sumber  daya cadangan minerba termasuk potensi logam tanah jarang dan mineral kritis yang memiliki nilai ekonomi dan bermanfaat dalam kebutuhan teknologi di masa depan.

Kemudian dengan melakukan kemandirian dan pemenuhan bahan baku industri dari komoditas yang ada di dalam negeri, serta dengan melakukan peningkatan nilai tambah mineral atau hilirisasi.

“Lalu, dengan menaruh perhatian kepada mineral strategis pada mineral utama, ikutan, dan sisa hasil pengolahan dan/atau pemurnian dan juga mineral kritis," tuturnya.

(wdh)

No more pages