Logo Bloomberg Technoz

"Respons kami dimulai hari ini," kata Biden dalam sebuah pernyataan. "Ini akan berlanjut pada waktu dan tempat pilihan kami."

Juru bicara Dewan Keamanan Nasional John Kirby mengatakan lebih banyak serangan akan terjadi dalam beberapa hari ke depan. Setidaknya dalam putaran serangan pertama, Biden memilih untuk tidak menargetkan wilayah Iran, sebuah langkah yang hampir pasti akan memprovokasi serangan balasan dan berisiko perang dengan lawan kunci regional.

US Troops Killed by Drone Strike in Northeast Jordan. (Sumber: Bloomberg)

Namun demikian, menargetkan Pasukan Quds — yang bertanggung jawab atas operasi luar negeri IRGC — menandai eskalasi signifikan dalam konflik yang dimulai dengan serangan Hamas terhadap Israel dan kampanye militer selanjutnya oleh pasukan Israel di Jalur Gaza. 

AS menjadi semakin terlibat dalam konflik tersebut, melancarkan serangan berulang untuk membela pasukan AS di Suriah dan Irak, serta menargetkan militan Houthi yang didukung Iran di Yaman yang telah menyerang pengiriman komersial di Laut Merah, sebuah jalur air perdagangan vital.

Serangan AS datang beberapa hari sebelum Menteri Luar Negeri Antony Blinken dijadwalkan kembali ke wilayah tersebut dalam upaya untuk membantu mengamankan gencatan senjata dan kesepakatan sandera di Gaza yang menurut pejabat dapat berfungsi sebagai langkah awal yang tentatif untuk mengakhiri konflik antara Israel dan Hamas.

Sambil mendukung hak Israel untuk mempertahankan diri setelah serangan 7 Oktober, pejabat AS percaya bahwa gencatan senjata dapat membantu meredakan ketegangan dan menyangkal alasan bagi proksi Iran untuk terus menyerang pasukan Amerika.

Tentara AS. (Sumber: Bloomberg)

Menteri Pertahanan Lloyd Austin mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa Biden telah mengarahkan lebih banyak tindakan terhadap IRGC dan milisi yang didukung oleh kelompok tersebut, meskipun dia tidak menyebutkan kapan hal itu akan terjadi. 

Basis-basis AS yang tersebar di seluruh Irak dan Suriah telah diserang lebih dari 160 kali dalam minggu-minggu sejak serangan Hamas pada 7 Oktober terhadap Israel, meskipun tidak ada tentara AS yang tewas sampai minggu lalu.

Komando pusat mengatakan, serangan-serangan AS menargetkan fasilitas rantai pasokan logistik dan amunisi dari kelompok-kelompok milisi dan sponsor IRGC mereka yang memfasilitasi serangan terhadap pasukan AS dan Koalisi.

Melaporkan kepada wartawan setelahnya, pejabat AS mengatakan serangan udara berlangsung sekitar 30 menit dan bahwa pemerintah Irak telah diberitahu sebelumnya. Mereka mengatakan tiga dari situs tersebut berada di Irak dan empat berada di Suriah dan bahwa cuaca baik di lokasi yang ditargetkan berkontribusi pada waktu serangan.

Lebih awal pada hari Jumat, Biden bergabung dengan anggota keluarga dari tiga warga Amerika yang tewas untuk pengembalian jenazah mereka ke tanah AS. Biden, ibu negara Jill Biden, dan Austin menyaksikan pembongkaran tiga peti mati yang diliputi bendera di Pangkalan Udara Dover di Delaware.

AS menyalahkan serangan mematikan minggu lalu pada sebuah kelompok payung yang didukung Iran yang dikenal sebagai Perlawanan Islam di Irak. 

Kelompok tersebut merupakan bagian dari apa yang dikenal sebagai Poros Perlawanan, jaringan militan anti-Israel dan anti-AS di wilayah tersebut yang mencakup kelompok-kelompok di Suriah, Lebanon, dan Yaman, serta Hamas di Jalur Gaza. Ini juga termasuk kelompok militan Kata’ib Hezbollah, yang lebih awal dalam minggu itu mengatakan bahwa mereka menghentikan operasi militer di Irak setelah tekanan dari pemerintah Irak.

Seperti AS, pejabat Iran telah berusaha untuk menyeimbangkan janji balas dendam dengan jaminan bahwa mereka tidak mencari konflik yang lebih luas. Lebih awal dalam minggu itu, seorang komandan IRGC mengatakan negara tersebut tidak mencari konfrontasi dengan AS tetapi "tidak takut perang."

Dan duta besar Iran untuk Perserikatan Bangsa-Bangsa, Amir Saeid Iravani, mengatakan "Jika pihak mana pun menyerang wilayah Iran, atau kepentingan atau warga negaranya di luar negeri, itu akan dihadapi dengan respons yang tegas," menurut media pemerintah.

(bbn)

No more pages