Logo Bloomberg Technoz

Alhasil video hanya akan menampilkan visual videonya saja tanpa adanya suara. Maka dari itu, sebaiknya gunakan musik yang ada di TikTok, jangan gunakan musik yang sudah Anda tempelkan ke video di luar aplikasi TikTok.

2. Pastikan Unggahan TikTok Dilengkapi Suara

Anda juga harus benar-benar memastikan bahwa video TikTok Anda dilengkapi dengan suara.

Ini bisa dicek saat Anda sedang berada di jendela edit sebelum mengunggah video ke TikTok. Di sana, video akan berjalan sendiri (preview). Nah, Anda bisa memastikan bahwa video mengeluarkan suara saat proses preview sedang berjalan.

Jika memang tidak muncul suara padahal volume HP sudah full, artinya video tersebut memang tidak memiliki suara.

3. Gunakan Sinyal Internet Kuat

Siapa sangka, ternyata koneksi jaringan yang buruk juga bisa menyebabkan TikTok tidak ada suaranya. Untuk itu, pastikan bahwa Anda menggunakan jaringan dengan sinyal internet yang kuat dan stabil.

Atau Anda bisa mencoba menggunakan jaringan WiFi terlebih dahulu (jika tersedia) karena biasanya koneksi WiFi memiliki sinyal yang lebih stabil dan lancar.

4. Coba Perbarui Aplikasi TikTok

Jangan remehkan update aplikasi! Selain bisa mendapatkan fitur terbaru, melakukan update juga sangat penting untuk mengatasi berbagai masalah yang ada.

Apalagi jika ternyata versi TikTok yang Anda gunakan saat ini memang mengalami bug yang membuat TikTok jadi tidak ada suaranya.

Oleh sebab itu, segera cek dan lakukan update aplikasi TikTok di HP Anda.

5. Tingkatkan Volume Suara

Solusi ini tentu harus benar-benar Anda perhatikan karena kadang pengguna TikTok tidak sadar bahwa opsi volume video dalam keadaan mati.

Jadinya, video tersebut tidak akan mengeluarkan suara saat diunggah. Padahal video aslinya memiliki suara atau Anda sudah menambahkan voice over dan lagu sendiri.

Berikut cara untuk memastikan video TikTok yang akan diunggah memiliki suara:

  • Pada saat edit video sebelum unggah, pilih Suara.
  • Buka tab Volume.
  • Atur volume pada Suara Asli atau Penambahan Suara. Bergantung dengan suara mana yang ingin Anda munculkan.
  • Setting suara Tiktok

6. Muat Ulang Perangkat

Memuat ulang perangkat HP Android atau iPhone Anda juga bisa menjadi salah satu solusi untuk mengatasi TikTok tidak ada suara sama sekali.

Dengan melakukan restart atau reboot HP, maka file sistem dan aplikasi akan dimulai ulang secara fresh. Dengan begitu semua masalah yang ada akan diperbaiki.

Setelah Anda memulai ulang HP, silakan membuka TikTok dan mengunggah video.

Itulah beberapa cara mengatasi TikTok tidak ada suara di Android atau iPhone. Jika masalah masih berlanjut, coba instal ulang saja aplikasi TikTok Anda.

(ros/wep)

No more pages