Logo Bloomberg Technoz

Jadwal Contraflow Situasional Selama Libur Isra Mikraj dan Imlek

Dovana Hasiana
01 February 2024 16:10

Ilustrasi jalan tol. (Dok. Jasa Marga)
Ilustrasi jalan tol. (Dok. Jasa Marga)

Bloomberg Technoz, Jakarta — Pemerintah melalui Kementerian Perhubungan, Korlantas Polri dan Kementerian PUPR akan memberlakukan skema dan jadwal sistem contraflow pada periode libur panjang Isra Mikraj dan Imlek pada 7 Februari 2024 hingga 11 Februari 2024.

Skema dan jadwal contraflow situasional ini dimulai dari tol Jakarta Cikampek KM 47 (akhir jalan layang MBZ) hingga KM 87 ruas tol Cikampek—Palimanan (Cipali).

Hal ini sebagaimana termaktub dalam Surat Keputusan Bersama (SKB) tentang Pengaturan Lalu Lintas Jalan serta Penyeberangan Selama Masa Libur Panjang Memperingati Isra Mikraj Nabi Muhammad SAW Dan Tahun Baru Imlek 2575 Kongzili Tahun 2024 yang diterbitkan pada tanggal 24 Januari 2024.

"Apabila di lapangan nanti terjadi perubahan arus lalu lintas secara tiba-tiba atau situasional, Korlantas Polri dapat melaksanakan manajemen operasional berupa diskresi petugas Kepolisian Negara Republik Indonesia," ujar Direktur Jenderal Perhubungan Darat Hendro Sugiatno dalam siaran pers, Kamis (1/2/2024).

Adapun skema dan akan diberlakukan juga sistem contra flow pada arus mudik dan balik sebagai berikut :